Slide Show

  • Everyday I'm shufflin!
  • Break the physical and mental obstacles
  • Area Eksplorasi Kreatifitas dan Inovasi Anak Muda Indonesia
  • Teknik Fotografi Yang Membuat Kita Tampak Melayang
  • Dalam Nuansa Casual, Urban dan Maskulin

Monday, July 9, 2012

#Event : Helar Fest 2012 : Festival Kreatif Di Ruang Publik Kota Bandung


(Poster, from : seputar-bandung.com)

Ruang publik memang seharusnya dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kelangsungan hidup warga kota dengan lingkungannya. Tapi ironisnya kini masih ada ruang publik seperti taman kota,  dan sungai yang nasibnya menjadi tidak terawat dan terabaikan oleh warganya. Menjawab persoalan itu, sekumpulan komunitas-komunitas kreatif di Kota Bandung menggelar Helar Fest 2012, untuk meningkatkan kesadaran warga dalam menjaga dan merawat ruang publik di kotanya.

Rasanya gak akan ada habis-habisnya menyebutkan satu-persatu ide-ide kreatif yang bermunculan dari kota Bandung, kota yang sedang gencarnya membangun ekonomi kreatif. Melalui Bandung Creative City Forum, berbagai kegiatan kreatif telah dilahirkan untuk menjawab berbagai permasalahan kota, dan meningkatkan citra kota Bandung sebagai kota kreatif.

Salah satu kegiatan kreatif yang sedang berjalan adalah Helar Fest 2012. Festival yang terdiri dari rangkaian berbagai kegiatan kreatif seperti pertunjukan musik, kuliner, gathering komunitas, seni instalasi dll itu, telah diselenggarakan dua kali di tahun 2008 dan 2009.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Helar Fest 2012 kali ini akan memanfaatkan ruang publik sebagai media dari berbagai kegiatan kreatif. Hal ini juga dijelaskan dalam website Bandung Creative City Forum. “Helar Fest 2012 akan mencoba untuk merespon dan mengaktivasi 4 ruang publik yaitu Hutan, Taman, Kampung dan Sungai”.

(Laser show at Babakan Siliwangi, from: Pikiran Rakyat Online)
Kawasan Babak Siliwangi menjadi rangkaian pertama gelaran Helar Fest 2012, yang diberi nama Lightchestra. Pada tanggal 5-7 Juli yang lalu, Kawasan yang telah dinobatkan sebagai Hutan Kota Dunia itu diramaikan dengan pertunjukan Laser dan konser musik. Menurut ketua Helar Fest 2012, Galih Sedayu kepada bisnis-jabar.com, hal ini bertujuan agar keberadaan Hutan Kota Dunia, Babakan Siliwangi direspon oleh masyarakat.

Agenda Helar Fest 2012 selanjutnya akan memanfaatkan area taman kota Gasibu untuk festival kuliner, area kampung kota Tamansari sebagai media pembuatan mural, dan area sungai Cikapundung untuk Olimpiade air dan teater terapung.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai agenda Helar Fest 2012 bisa langsung mengunjungi website Bandung Creative City Forum atau twitter @HelarFestBdg .

Semoga semangat teman-teman di Bandung untuk memanfaatkan dan menjaga ruang publik ini bisa menular ke kota-kota lainnya.


Sumber : www.bisnis-jabar.com, www.bccf-bdg.com


No comments:

Post a Comment