Slide Show

  • Everyday I'm shufflin!
  • Break the physical and mental obstacles
  • Area Eksplorasi Kreatifitas dan Inovasi Anak Muda Indonesia
  • Teknik Fotografi Yang Membuat Kita Tampak Melayang
  • Dalam Nuansa Casual, Urban dan Maskulin

Thursday, February 10, 2011

#Arts : Video Mapping


    Video mapping terdengar begitu familiar akhir-akhir ini. Ya, ini merupakan salah satu wujud karya seni baru yang bisa dibilang cukup happening di Indonesia. Sebenarnya apa itu video mapping? Secara singkat video mapping itu merupakan sebuah teknik menciptakan ilusi optis dengan menggunakan teknologi dan kreativitas manusia yang diproyeksikan pada suatu obyek atau bidang. Proyeksi tersebut menampilkan digital grafis secara visual pada suatu obyek, sehingga obyek tersebut memiliki persepsi visual yang berbeda dari aslinya.
    Sebenarnya bentuk awal video mapping adalah sebuah revolusi dan visualisasi data peta. Jadi yang awalnya di lapangan itu hanya bisa didapatkan datanya saja, dengan menggunakan teknologi ini kita bisa ikut merasakan pengalaman seperti ketika berada di lapangan. And then somehow, berkembang menjadi sebuah karya seni yang dapat dikategorikan sebagai new media art.

    Menurut saya event besar proyek video mapping seperti yang telah dilakukan di Gedung Museum Fatahilah Jakarta dan di Gedung Merdeka Bandung, merupakan media efektif yang memperkenalkan video mapping kepada publik di Indonesia. Padahal itu bukanlah video mapping pertama yang muncul di Indonesia. Sebenarnya video mapping telah dilakukan sebelumnya oleh VJ-VJ (Visual Jockey) dan Visual Artist lokal dalam berbagai event seperti konser dan fashion show. 

     Harapan saya mudah-mudahan video mapping sebagai karya seni baru dapat berkembang dengan baik di Indonesia. Tidak hanya menjadi sekedar trend, tapi juga menjadi karya seni yang bernilai tinggi.  
(Sumber: Wikipedia, SuaveMagz)



No comments:

Post a Comment