Slide Show

  • Everyday I'm shufflin!
  • Break the physical and mental obstacles
  • Area Eksplorasi Kreatifitas dan Inovasi Anak Muda Indonesia
  • Teknik Fotografi Yang Membuat Kita Tampak Melayang
  • Dalam Nuansa Casual, Urban dan Maskulin

Thursday, February 10, 2011

#Articles: What is your passion??

Mungkin sebagian orang kurang peduli untuk menjawab pertanyaan diatas. So, what? Memang apa arti dari passion? Bukannya dengan atribut jabatan pada pekerjaan dan nilai bonus lainnya merupakan kesuksesan yang mebuat hidup bahagia dan menyenangkan? Tapi apa benar bahagia? well, Disini gue cuma sekedar sharing apa yang ada dipikiran gue mengenai passion.
Arti kata passion (yang saya ambil dari aplikasi dictionary.com BlackBerry) :  a strong enthusiasm or desire for anything. Gampangnya sih passion itu bisa kita rasakan saat melakukan segala sesuatu apapun itu yang kita sukai. Ya, sewaktu kita melakukan hal-hal yang disukai pasti akan merasakan kesenangan dan kepuasan tersendiri. Perasaan itu muncul dari hati kita. Dan kita pun akan betah berlama-lama untuk melakukan hal-hal yang disukai.
Sekarang bagaimana hubungannya passion dengan kehidupan kita? Gue ingat tentang sebuah film Bollywood berjudul ”3 Idiots”. Gue merekomendasikan film itu untuk ditonton, apalagi untuk pelajar dan orang yang berdedikasi di dunia pendidikan. Intinya film itu mengajarkan kita untuk mencari tahu apa passion kita. Salah seorang diantara 3 sahabat itu jago banget dalam bidang teknik, karena dia memang memiliki passion di bidang itu dari kecil. Sehingga dia banyak belajar dengan cara-cara sendiri untuk mengulik di bidang teknik. Sedangkan sahabat yang satunya lagi sekolah di jurusan teknik, tapi dia sama sekali tidak memiliki passion pada bidang teknik. Jadi ilmunya ga berkembang, cuma sebatas yang diajarkan di sekolah aja. Padahal dia memiliki passion di bidang photography, yang ternyata memang di bidang itulah ahirnya dia tekuni. Jadi kalau kita memiliki passion terhadap apapun, kita akan berusaha keras supaya mendapatkan hasil yang maksimal.
Jujur gue lahir dan besar di lingkungan keluarga yang cukup “demokratis”. Orang tua sebenarnya membebaskan gue untuk menentukan sendiri mau menjadi apa? besar nanti. Cuma gue aja yang engga punya keberanian untuk menunjukkan passion gue terhadap suatu hal, karena berbagai faktor tertentu. Itu Cuma alasan aja. Yang pasti sekarang gue menyesal kenapa engga dari dulu mengembangkan skill dari passion gue. But I believe, lebih baik terlambat daripada belum pernah mencoba J.
Begitu pula dalam pekerjaan. Ya kalau engga punya passion sama kerjaan kita, gimana mau semangat mengerjakan tiap detail pekerjaan. Kebosanan adalah menjadi hal yang lumrah. Hidup kayaknya flat, nothing special. Tapi menurut gue itu pilihan kita. Pilihan pertama kita mencari ide kreatif, bagaimana caranya supaya kita memiliki passion sama apa yang dikerjakan. Hal kecil misalnya merubah tata letak atau menambah dekorasi di ruangan kerja. Atau pilihan kedua, when I am feeling so sick of this job. So, why you don’t find a job that appropiate with your passion. Dijamin perkerjaan seberat apapun kita tidak akan merasa bekerja, cause we love this job. Ya walaupun misalnya hasil yang diterima masih belum seberapa, jika dilihat dari keuangan. Tapi karena kita memiliki passion, kita akan bekerja semaksimal mungkin untuk dapat menghasilkan lebih banyak uang. Lagipula kebahagian itu tidak hanya bisa diukur dari banyaknya uang yang didapat. Tapi kepuasan terhadap sesuatu yang telah kita kerjakan, it all comes from the heart J.
So what are you waiting for? Find your passion. And grab your life.

Untuk menambah referensi tentang passion, gue merekomendasikan untuk membaca buku “Your Job Is Not Your Career” by @ReneCC (seorang Career Coach). Tulisan ini pun terinspirasi dari buku ini. Happy Reading J

1 comment:

  1. Congratulations... because that i am your very first folllower #eaaaa

    Good luck dezz semoga bisa jadi salah satu blog paling berpengaruh di tahun-tahun mendatang #eaaaalagi

    http://deluxshionist.blogspot.com/

    HS

    ReplyDelete