Slide Show

  • Everyday I'm shufflin!
  • Break the physical and mental obstacles
  • Area Eksplorasi Kreatifitas dan Inovasi Anak Muda Indonesia
  • Teknik Fotografi Yang Membuat Kita Tampak Melayang
  • Dalam Nuansa Casual, Urban dan Maskulin

Thursday, March 15, 2012

#Arts : Melayang Dengan Teknik Levitasi


(from : yowayowacamera.com ,by  Natsumi Hayashi)

Terbang melayang layaknya seorang super hero adalah salah satu impian kita di masa kanak-kanak dulu. Levitasi seakan bisa mewujudkan impian masa kecil kita itu, meskipun cuma dalam selembar foto.

Ya, postingan kali ini masih berisi tentang salah satu teknik kreatif fotografi yang saat ini lagi happening, levitasi. Saya ingat, pertama kali melihat teknik fotografi ini melalui sebuah display picture BBM milik seorang teman dan juga look book (catalog) dari salah satu produk fashion lokal. Di look book itu terlihat model yang seolah-olah terbang melayang dengan ekspresi wajah yang datar, kesannya mereka ini bisa melayang secara alami, gak dibuat-buat. Persis seperti makhluk halus yang gak napak itu, nah loh? :p.

Levitasi yang dalam bahasa Inggris adalah levitation, merupakan proses dimana sebuah objek melayang melawan gaya gravitasi bumi dalam posisi yang stabil (Wikipedia). Seperti teknologi yang diadaptasi oleh kereta super cepat di Jepang, dengan menggunakan medan magnet. Kemudian akhirnya hal ini memberikan inspirasi bagi para fotografer untuk membuat teknik fotografi yang disebut levitasi. Sebuah teknik fotografi yang membuat suatu objek seolah-olah melayang tanpa menggunakan alat bantu.

Entah siapa yang pertama kali menemukan teknik levitasi, namun mesin pencari Google (dengan key word levitation photography) memunculkan nama seorang wanita Jepang yang bernama Natsumi Hayashi dalam halaman pertamanya. *Berikut alamat blog miliknya http://yowayowacamera.com.

Nah, berawal dari melihat blog Natsumi Hayashi ini, @goenrock dan @danaOktiana menginisiasi sebuah komunitas fotografi levitasi Indonesia yang dinamakan Levitasi Hore http://levitasihore.tumblr.com/. Jadi buat kalian yang tertarik untuk belajar bisa mampir ke tumblr mereka, atau follow @LevitasiHore di twitter.
(Screen Shot of Levitasi Hore Website)

Walaupun keliatannya model di fotografi levitasi ini terlihat effortless dengan ekspresi muka yang datar, tapi untuk mendapatkan gambar yang keren membutuhkan berbagai trik dan juga kesabaran (apalagi bagi newbie). Sang model harus melompat dengan pose tertentu yang tidak terlihat seperti sedang melompat, tapi seolah-olah melayang tanpa bantuan apapun. Sementara fotografer pun harus bisa mengatur kameranya sehingga bisa menghasilkan frozen moment melayang yang tepat. Berikut tips-tips dalam fotografi levitasi tanpa editing yang dikutip dari tumblr Levitasi Hore :

·    Fotografi levitasi berbeda dengan Jump Shot. Levitasi harus memperlihatkan model yang seakan melayang alami tanpa terlalu banyak ekspresi wajah.
·  Foto levitasi tanpa editing dapat dilakukan dengan kamera professional (DSLR) maupun kamera biasa (kamera ponsel, pocket cam)
·  Foto levitasi dengan kamera DSLR, bisa memanfaatkan Burst Mode (Continuous Shooting). Dengan sekali menekan tombol shutter, langsung menghasilkan beberapa jepretan sekaligus. Foto-foto hasil jepretan dengan Burst Mode dari kamera DSLR dapat dipilih mana yang paling pas mendapatkan moment “melayang”
·   Foto levitasi dapat dilakukan dengan kamera non-professional, namun lebih tricky karena mengandalkan ketepatan menekan tombol rana saat model melompat.
·    Pastikan cahaya cukup, agar bayangan terbentuk sehingga efek model sedang melayang lebih terlihat.
·   Gunakan shutter speed tinggi untuk menangkap model yg melayang dengan lebih fokus (freeze motion). Cahaya yang cukup sangat berperan untuk mendapatkan shutter speed tinggi.
·    Gunakan low angle, agar model terlihat tinggi melayang.

(from: web100.com)

So, selamat mencoba and… have fun! J


Sumber : Levitasi Hore, Wikipedia, Kaskus

1 comment: